Kas Pani

Ternyata waktu begitu cepat berlalu, lari bagaikan kilat. Kalau dari dulu aku tahu seperti itu, tentu tiada kesia-siaan dilakukan. Kas Pani, pengawas sekolah SM...

Selengkapnya
Musim Semi, Aku Tak Mungkin Melupakanmu

Musim Semi, Aku Tak Mungkin Melupakanmu

Cerita perjalanan sebaiknya diawetkan, caranya tulis dan tulis, lalu jadikan sebuah buku. Sip deh. Apalagi cerita yang ditulis itu, berisi pengalaman terbaik dari orang-orang terbaik atau sukses. Menjadi klop dinikmati.

Adalah pengawas dan kepala sekolah berprestasi yang diberangkatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ke China, mereka berkunjung ke Jiangsu Vocational Institute of Architectural Technology (JSVIAT ) Maret lalu sebagai penulisnya. Dari tanggal 3 s.d 22 Maret 2019, para terbaik ini diberi kesempatan untuk belajar singkat di negeri tirai bambu, China.

Pengalaman belajar School Leadership dan Supervision Training di JSVIAT inilah dihimpun dalam buku antologi berjudul, Remembering the Spring; Devotion, Love, and Respect yang diterbitkan Pustaka Mediaguru.

Buku ini berisi 22 tulisan yang menarik dan berkesan dengan editor Istiqamah seorang mentor di Sagusabu. Adalah, Yanti Dewi Purwanti sebagai pembuka tulisan, Remembering the Spring ( Selayang Pandang ) judul tulisannya. Kata Devotion, Love, dan Redpect sebagai keywordnya. Kapan muncul devotion ( dedikasi ) ? " Devotion bisa muncul karena adanya rasa love dan respect " begitu tulis Yanti Dewi Purwanti.

Penulis pertama dari peserta, Abdul Rojak, Kepala SMP Negeri 20 Jakarta, mengisahkan perjalanannya mulai saat keberangkatan hingga mendarat di Beizing yang menempuh perjalanan selama tujuh jam. Kelelahan selama perjalanan dan berkunjung di tempat bersejarah akhirnya lunas terbayar dengan pengalaman ilmu yang diperoleh, ditulis sangat apik oleh Slamet, pengawas SD dari Demak.

Saya sangat bahagia, ternyata sahabat saya sesama pengawas sekolah dari Aceh, Achmad Ghozin tergabung di rombongan ini. Judul tulisannya, Jumat di Negeri China.

Sebagai awak Aceh yang lengket dengan nilai - nilai keislaman, ketika memandang Masjid Qing Zhen Si, tempat dia shalat dengan teman-temannya, ada rasa haru dan bangga merayap di hatinya. Dia tatap masjid itu agak lama sembari berdoa, " Ya Allah, kuatkanlah iman pengurus masjid ini, berikanlah kemudahan, kemuliaan dan keberkahan kehidupan mereka...."

Diakui oleh Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah ( APSI ) Aceh ini, ada dua pengalaman yang tak terlupakan. Pertama, pengalaman saat melaksanakan shalat Jumat di negeri China. Dan kedua, mendapatkan ilmu seputar investigatif learning, model pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan investigasi, yang mendorong siswa melakukan aktivitas percobaan, mengumpulkan data, mengovservasi, mengidentifikasi, dan menguji kesimpulan serta dugaan.

Nanang Burhan Pengawas SLB melalui tulisannya, Mengintip Keberhasilan Pendidikan di China. Menguraikan penyebab suksesnya pendidikan di negeri tembok besar ini. Salah satu penyebabnya, China telah merevolusi model pembelajarannya. Ada satu pendekatan dalam proses belajar yang diberi nama Learning and Speaking Out yang sudah diterapkan di kelas-kelas di China. Pendekatan itu dimaknai siswa belajar melalui berbicara. Keberhasilan pendekatan ini tercapai apabila para guru memahami dan memperhatikan filosofi pembelajaran, prinsif pembelajaran, elemen dalam kelas, peran siswa, peran guru, dan evaluasi pembelajaran.

Membaca buku ini, sekalipun tulisan bercerai sesuai dengan sisi pandang masing-masing, namun terbuhul atau terikat jadi satu. Saling berkait, bersinergi tidak tumpang dan menindih. Tergambar, di sinilah kepiawaian sang editor, Istiqamah.

Para penulis dalam antologi ini, menggunakan gayanya masing-masing, seperti bergaya ilmuan, essais, sastrawan, dan juga wartawan. Model tulisan pun beragam, bentuk catatan perjalanan, feature, artikel, dan tulisan diskripsi, sehingga sangat empuk dan renyah dibaca. Walaupun ketika meresensi, isi buku ini saya baca lewat hp, karena fisik bukunya belum saya punyai. Andaikan resensi ini dibaca Ibu Istiqamah dan kawan-kawan dari media guru, tak salah, jika berkenan mengirimkan bukunya buat saya, kalau tak dibeli gratispun jadi.Agar musim semi di negeri tirai bambu selalu jadi ingatan. ]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantaps Pak Kas bukunya. Sukses selalu dan barakallahu fiik

04 Jul
Balas

Saya cuma meresensi saja bu dari buku yang ditulis teman-teman pengawas dan kepala sekolah yang pernah berangkat ke China.Terimakasih.

04 Jul
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali